rajabacklink

Mari Kenali Lebih Awal Proses Perkembangan Bayi Saat Dalam Kandungan

9 Agu 2022  |  155x | Ditulis oleh : Admin
Merries

Mungkin banyak yang belum tahu jika Tahap Perkembangan Bayi sudah dimulai sejak bayi masih dalam kandungan, maka dari itu banyak Moms yang tidak memperhatikan tumbuh kemvbang bayi secara maksimal. Pertumbuhan bayi dalam kandungan sendiri memang tergolong cepat, semua karena kemampuannya mempelajari banyak selama dalam kandungan.

Seperti halnya tumbuh kembang bayi yang baru lahir, perkembangan bayi dalam kandungan juga mesti melewati berbagai proses berdasarkan usia bayi tersebut. Moms tentu perlu tahu tentang tumbuh kembang bayi selama dalam kandungan agar ketika lahir nanti si kecil terlahir sehat dengan berat badan dan tinggi yang normal. Lalu, seperti apa proses perkembangan bayi dalam kandungan itu?

Moms pasti tidak tahu jika proses perkembangan bayi di mulai dari minggu pertama dan minggu kedua kehamilan dan seterusnya. Tumbuh kembang bayi yang baik selama dalam kandungan tentu akan bisa kita pantau dari bertambahnya berat badan dari ibu yang akan melahirkannya.

Pada usia pertengahan yakni 18 sampai 22 minggu, ukuran panjang dan berat janin mulai meningkat, dimana panjangnya akan mencapai 25-28 cm, serta berat sekitar 227-445 gram. Semua tulang rawan dalam tubuh janin perlahan berganti dengan tulang keras. Di rentang usia ini pula, janin mulai bisa mendengar dan memberi respon berupa gerakan, seperti tendangan, pukulan, atau gerakan lainnya. Jadi, jangan heran bila nanti Moms merasakan tendangan atau gerakan lainnya di dalam perut saat kandungan masuk di usia 18 sampai 22 minggu.

Supaya Moms bisa terus bisa memantau perkembangan bayi saat dalam kandungan Moms juga bisa rutin cek kondisi janin di dalam kandungan melalui USG setelah bayi berumur 10 sampai 30 minggu agar bisa terus memantau tumbuh kembang bayi setiap bulannya.

Saat usia kandungan mencapai usia 37-40 minggu, di rentang usia inilah masa kehamilan akan segera berakhir dan janin  dalam kandungan sudah siap untuk dilahirkan. Pada usia ini Moms perlu sangat hati-hati menjaga kondisi janin dan kesehatan juga stamina Moms sendiri, supaya dalam proses melahirkan tidak terjadi hal buruk yang bisa menimpa bayi dan Moms juga.

Sebelum dilahirkan, janin akan memiliki panjang sekitar 46 cm dan berat sekitar 2,7 kg sampai 3,6 kg. Khusus untuk janin berjenis kelamin laki-laki, bagian testikelnya sudah terbentuk dengan sempurna dan terlapisi oleh skrotum. Saat memasuki usia 40 minggu, semua organ dan sistem tubuh sudah berfungsi dengan sempurna, sehingga janin pun siap dilahirkan.

Jadi seperti itulah Tahap Perkembangan Bayi selama dalam kandungan. Semoga bisa menjadi panduan bagi Moms yang tengah menjalani masa kehamilan. Selama masa kehamilan nanti, Moms mesti bisa menjaga kesehatan, pola makan, serta pola tidur, agar nantinya Si Kecil dalam kandungan bertumbuh dengan baik sesuai usianya. Moms juga bisa cek ke dokter kandungan secara berkala untuk mengetahui bagaimana perkembangan bayi dalam kandungan.

Selanjutnya Moms juga perlu mempersiapkan berbagai macam kebutuhan selama proses melahirkan dan juga perlengkapan si kecil ketika nanti sudah lahir.Mulai dari pakaian hingga popoknya. Khusus untuk popok, Moms bisa memilih Merries Premium Tape ukuran New Born sebagai popok andalan.

Popok Merries ini memiliki 3 lapisan bersirkulasi udara yang membuat kulit bayi bebas pengap dan iritasi. Popok Merries Premium Tape memiliki perekat lembut yang dapat dilepas-pasang dengan mudah. Pemasangan popoknya cukup mudah, sehingga Moms yang baru pertama kali memasangkan popok pun tak akan kesulitan.  

Baca Juga: